Tentang Carrer Development Center (CDC) STMIK NH

Career Development Center (CDC) atau pusat pengembangan karir di perguruan tinggi merupakan sarana kegiatan yang sangat penting dan bermanfaat bagi entitas yang berada dilingkungan perguruan tinggi, karena adanya pusat pengembangan karir akan memberi dampak yang positif baik kepada kampus maupun kepada masyarakat terutama mahasiswa yang kuliah diperguruan tinggi tersebut. Oleh sebab itu pengelolaan yang baik dan dilakukan secara profesional akan memberikan hasil yang luar biasa dalam pengembangan dunia karir khususnya bagi mahasiswa dalam meraih karir di dunia kerja. Pada bulan April 2017, setelah mengikuti kegiatan sosialisasi program bantuan pengembangan layanan pusat karir yang diadakan Direktur Kemahasiswaan, Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Dikti di Politeknik Jambi, dan didukung oleh hasil evaluasi diri yang dilakukan STMIK NH Jambi dengan tujuan untuk  mendapatkan gambaran keseluruhan input-process-output-outcome-impact penyelenggaraan  pendidikan di STMIK NH Jambi. Dimana hasil evaluasi diri diantaranya merekomendasikan pentingnya penelusuran dan pengelolaan alumni serta penguatan kompetensi mahasiswa melalui bimbingan karir, mengingat tingginya tantangan dan persaingan di era MEA ini, kemudian disusun perbaikan pedoman kemahasiswaan dan alumni STMIK NH Jambi dengan penekanan pada perlunya pembentukan lembaga pengembangan pusat karir.  Berdasarkan hal itulah maka STMIK NH pada tahun 2017 membentuk CDC STMIK-NH Jambi yang disahkan melalui SK Ketua. Sistem kerja yang dikembangkan menganut prinsip perbaikan secara berkelanjutan (continues improvment) dengan berbasis pada proses.   Implementasinya dilakukan melalui konsep P-D-C-A (Plan – Do – Check – Act).  Konsep ini dipilih karena STMIK NH Jambi menyadari pentingnya perbaikan terus menerus. Adapun fungsi dari CDC ini adalah untuk mengetahui posisi lulusan yang telah terserap dalam dunia kerja, menyiapkan lulusan sesuai dengan kompetensi yang diperlukan dunia kerja, membentuk program pemerintah dalam rangka memetakan kebutuhan dunia kerja dengan membangun pendidikan di Indonesia. Output yang diharapkan dengan adanya program pendirian CDC STMIK-NH Jambi ini adalah terkelolanya layanan pusat karir bagi mahasiswa, alumni dan stackholder dengan baik sehingga mahasiswa lebih siap, percaya diri dan mandiri dalam merencanakan masa depannya, alumni mendapatkan wadah informasi lowongan kerja dengan cepat dan baik, dan stackholder dapatkan wadah lembaga untuk menginformasikan kebutuhan tenaga kerja sesuai kompentensi yang dibutuhkan.   Dengan demikian STMIK-NH Jambi akan memperoleh outcomes berupa meningkatnya daya serap lulusan melalui CDC STMIK-NH di dunia kerja.

VISI

Sebagai Pusat Pengembangan dan Pelayanan Karir Terkemuka Di Kopertis Wilayah X 2022

MISI

  1. Membangun dan mengembangkan kemitraan strategis antara STMIK Nurdin Hamzah dengan dunia kerja dan kewirausahaan
  2. Pembinaan karir calon lulusan hadal yang memiliki kemampuan, keahlian, keterampilan dan pengetahuan dalam pengembangan diri memasuki dunia kerja dan kewirausahaan.
  3. Menyelenggarakan kegiatan bursa lowongan kerja dan kewirausahaan yang relevan secara online maupun offline sebagai jembatan yang menghubungi calon lulusan, alumni dan masyarakat umum dengan dunia kerja dan kewirausahaan.
  4. Menyelenggarakan berbagai kegiatan pengembangan SDM melalui aktivitas seminar dan pelatihan.
  5. Menyelenggarakan tracer study tingkat institusi dengan kualitas dan metode yang tepat dan benar.

STRUKTUR ORGANISASI

 

Wewenang dan Tugas

  1. Kepala CDC
    • Menjadi Top Management bagi implementasi Sistem Manajemen Mutu
    • Melakukan koordinasi, perencanaan, pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas yang dilaksanakan oleh setiap divis CDC STMIK NH.
    • Bertanggung jawab dalam pelaksanaan tugas CDC STMIK NH dan melaporkannya kepada Ketua melalui Wakil Ketua 3

 

  1. Bidang Kerjasama dan Pengembangan
    • Menjadi Kepala Bidang bagi implementasi Sistem Manajemen Mutu
    • Melakukan koordinasi, perencanaan, pemantauan dan evaluasi terhadap Pelatihan, pengembangan karir
    • Bertanggung jawab dalam pelaksanaan tugas dan melaporkannya kepada Ketua CDC STMIK NH.

 

  1. Bidang Alumni dan Tracer Study
  • Menjadi Kepala Bidang bagi implementasi Sistem Manajemen Mutu di CDC STMIK NH.
  • Melakukan koordinasi, perencanaan, pemantauan dan evaluasi terhadap Pengelolaan Alumni dan Tracer Study.
  • Bertanggung jawab dalam pelaksanaan tugas dan melaporkannya kepada CDC STMIK NH.

 

  1. Bidang Technopreneur
  • Menjadi Kepala Devisi bagi implementasi Sistem Manajemen Mutu di CDC STMIK NH.
  • Melakukan koordinasi, perencanaan, pemantauan dan evaluasi terhadap Kewirausahaan.
  • Bertanggung jawab dalam pelaksanaan tugas dan melaporkannya kepada kepala CDC STMIK NH.

 

  1. Bidang Tata Usaha

Menyusun rencana program, membagi tugas kepada semua divis, memberi petunjuk pelaksanaan didasarkan pada peraturan perundangan yang berlaku guna kelancaran pelaksanaan tugas CDC STMIK NH, serta melakukan monitoring & evaluasi pelaksanaan kegiatan di CDC STMIK NH.

Uraian Tugas:

  • Mengatur dan malaksanakan administrasi kegiatan untuk melaksanakan program CDC STMIK NH
  • Mengatur dan menginventarisasi kegiatan-kegiatan CDC STMIK NH
  • Membuatkan konsep surat untuk pimpinan baik internal maupun eksternal
  • Memeriksa kebenaran proses pelaksanakan kegiatan di semua unit
  • Menyusun rencana program pengenalan dan sosialisasi baik secara internal dan eksternal
  • Menyusun Standard Operational Procedure (SOP) untuk semua Bidang di CDC STMIK NH
  • Implementasi/melaksanakan program-program sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan
  • Melaksanakan Monitoring dan Evaluasi terhadap pelaksanaan program dan kegiatan
  • Menyusun dan menyampaikan laporan hasil pelaksanaan program/kegiatan
  • Memberikan masukan untuk pengembangan dan penyempurnaan Sistem dan pengembangan IT
  • Memberikan penilaian terhadap kinerja terhadap staf yang menjadi tanggungjawabnya, tiap-tiap akhir tahun.
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan
  • Mendampingi dan menggantikan tugas Kepala CDC STMIK NH sebagai Top Management bilamana sedang berhalangan atau sedang ada tugas lain di luar kota.
  • Bertanggungjawab kepada kepala CDC STMIK NH.

 

  1. Staf Bidang Kerjasama dan Pengembangan (BKP)

Melayani dan melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan kerjasama internal dan eksternal dalam kaitanya pengumpulan informasi secara berkesinambungan dan terencana yang membantu mahasiswa dan alumni memasuki dunia kerja.

Uraian Tugas :

  • Melayani dan membantu perusahaan yang ingin menjalin kerjasama dengan CDC STMIK NH melalui Web ,surat dan tatap muka.
  • Menyiapkan, mempromosikan dan membawa liflet CDC STMIK NH, STMIK NH dan draft kerjasama antara STMIK NH dengan perusahaan atau pihak yang akan diajak kerjasama.
  • Mengentri data alamat dan profil perusahaan/pihak lain yang menjalin kerjasama dengan CDC STMIK NH dalam database.
  • Menindaklanjuti dengan membalas surat permintaan kerjasama dari perusahaan dimana agar perusahaan mengisi form pendaftaran menjadi anggota CDC STMIK NH baik di web atau dikirim melalui surat/email/faks.
  • Melaksanakan penggalangan kerjasama baik secara langsung (tatap muka atau kunjungan, telpon) maupun tidak langsung (surat, faks, email , quisioner, penyebaran pamflet).
  • Mengatur pertemuan/kunjungan ke pihak yang diajak kerjasama dimulai dari mengirim surat pemberitahuan kedatangan CDC STMIK NH/menelpon untuk janji bertemu kapan dan dimana tempat pertemuannya serta menyampaikan maksud kedatangan dan menyiapkan dokumen yang diperlukan dalam pertemuan tersebut.
  • Membantu pimpinan dalam membuat/melaksanakan MOU dengan perusahaan dan membantu proses kerjasamanya tidak dalam hal informasi lowongan kerja/kegiatan perekrutan namun berkelanjutan sampai tingkat STMIK NH.
  • Membantu membuat SOP sesuai bidang dan tugas masing-masing
  • Membuat laporan kegiatan secara periodik kepada pimpinan
  • Membantu memberikan masukan untuk pengembangan system dan pengembangan IT
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan

 

  1. Staf Administrasi Umum (AU)

Melayani dan melaksanakan kegiatan dengan administrasi sarana dan prasarana internal di CDC STMIK NH.

Uraian Tugas :

  • Menerima surat masuk internal dan eksternal
  • Memberikan kartu kendali di surat masuk untuk diberikan ke kepala CDC STMIK NH.
  • Memberikan disposisi dari kepala CDC STMIK NH ke Koordinator Tata Usaha.
  • Membuat surat keluar untuk internal maupun eksternal
  • Mengkonsultasikan kepada Koordinator Tata Usaha tentang konsep surat keluar serta permintaan paraf
  • Merekap surat keluar – masuk
  • Mencatat surat keluar ke buku ekspedisi
  • Membuat surat tugas untuk internal maupun eksternal
  • Membuat notulen dan daftar hadir rapat
  • Menyempurnakan notulen dan pengarsipan
  • Mengarsipkan surat masuk, keluar dan surat tugas

 

  1. Staf Bidang Alumni dan Tracer Study (BAT)

Menggali informasi dari alumni tentang data diri, karir, masa tunggu, gaji pertama serta data – data lain yang dibutuhkan untuk perbaikan kurikulum di STMIK NH.

Uraian Tugas :

  • Mengumpulkan database alumni
  • Memverfikasi data alumni yang akan dilacak
  • Menyiapkan kuisioner untuk alumni di website
  • Mengirim pemberitahuan untuk mengisi kuisioner kepada alumni melalui telepon dan email
  • Mengumpulkan hasil kuisioner yang telah masuk
  • Menabulasi, menganalisa, dan membuat laporan hasil tracer study
  • Mensosialisasikan hasil tracer study
  • Menyiapkan data bagipihak lain yang inginmemakai data alumni

 

  1. Staf Bidang Technopreneur (BTP)

Melayani dan melaksanakan kegiatan berkaitan dengan pelatihan kewirausahaan dan seminar bagi mahasiswa dan alumni, serta melayani konsultasi dan memberi bimbingan kepada mahasiswa dan alumni untuk bidang kewirausahaan.

Uraian Tugas :

  • Merencanakan tema, judul, syarat peserta, waktu pelaksanaan serta bentuk kegiatan pelatihan dan seminar.
  • Mencari, menghubungi, dan mengadakan kesepakatan dengan pemateri.
  • Menyiapkan tempat dan peralatan kegiatan pelatihan.
  • Mempublikasikan kegiatan pelatihan (melalui website, pengumuman, spanduk).
  • Membuka pendaftaran dan mendaftar peserta, serta menentukan harga tiket pendaftaran kegiatan pelatihan.
  • Menyiapkan segala kebutuhan berkaitan dengan kegiatan pelatihan.
  • Mengecek dan mengkonfirmasi pemateri, ruang, peralatan, dan pengisi acara.
  • Melaksanakan kegiatan administrasi yang berkaitan dengan pelatihan (menyiapkan kuitansi, membuat daftar hadir peserta, membuat daftar hadir panitia, dan merekap data keuangan pelatihan).
  • Mendokumentasikan kegiatan.
  • Membuat laporan hasil kegiatan pelatihan.
  • Melayani konsultasi bagi mahasiswa dan alumni.
  • Memberikan segala pengarahan yang berkaitan dengan CDC STMIK NH.
  • Membantu memberikan masukan terhadap pengembangan IT di CDC STMIK NH.
  • Membantu memberikan pengarahan tentang pelatihan.
  • Membantu membuat SOP sesuai bidang dan tugas masing-masing
  • Membuat laporan kegiatan secara periodik kepada pimpinan
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan

 

Copyrigh © 2017 PPTI STMIK NH. All Rights Reserved.